Lensa Kontak Anak

Penting untuk melindungi visi seseorang, terutama ketika masih dalam pengembangan. Namun, sebuah studi baru-baru ini oleh Universitas Ohio menunjukkan bahwa anak-anak enggan memakai kacamata, karena dianggap sebagai ketidaknyamanan di taman bermain dan terkait dengan penerimaan sosial yang lebih rendah di antara teman sebaya. Studi yang sama menunjukkan keinginan yang besar di antara anak-anak dengan miopia (rabun jauh) untuk memakai lensa kontak, karena memiliki efek positif pada harga diri.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, anak-anak dapat dengan aman menggunakan lensa kontak sejak usia 8 tahun. Lensa kontak terkemuka di pasar saat ini jauh lebih lembut dan nyaman di mata daripada lensa sebelumnya, sehingga memungkinkan mata yang lebih muda untuk memakainya. Lensa kontak pertama sangat kecil, kaku, dan membutuhkan waktu penyesuaian yang lama. Tetapi sekarang lensa lunak dan perkembangan geometri dan bahan baru telah memungkinkan penggunaan yang aman di antara anak-anak dengan gangguan penglihatan.

Menurut Orthokeratology Dokter mata setempat Anda mungkin menyarankan Anda sebagai orang tua untuk menunggu sampai anak Anda sedikit lebih besar dan lebih dewasa untuk memakai lensa kontak. Tetapi jika Anda yakin bahwa anak Anda siap menggunakan kontak, berikut beberapa tips yang dapat membantu memudahkan proses penyesuaian.

Satu ide bagus adalah mulai dengan lensa sekali pakai harian karena tidak memerlukan banyak perawatan: pemasangan di pagi hari dan pelepasan/pembuangan sebelum tidur. Sekali pakai harian telah terbukti menurunkan risiko infeksi mata. Dengan memulai dengan lensa sekali pakai harian, Anda juga diberikan masa percobaan bagi anak untuk menentukan apakah dia suka dan merasa nyaman memakai lensa tersebut. Jika hasilnya positif, Anda dapat beralih ke lensa lunak konvensional, yang bisa sedikit lebih murah.

Lensa kontak sama efektifnya dengan kacamata biasa dan dapat diatur sejak usia yang relatif muda. Karena telah terbukti menjadi kacamata pilihan oleh kebanyakan anak, membiarkan anak Anda memakai lensa kontak sedini mungkin dapat melakukan lebih dari sekadar meningkatkan ketajaman penglihatan.

Namun, anak Anda harus belajar merawat dan menggunakan lensa kontak dengan cara yang benar dan bebas risiko, untuk menghindari infeksi atau masalah perawatan mata lainnya.

Penting juga bahwa anak Anda diperiksa secara teratur oleh ahli perawatan mata untuk mengukur dan mengevaluasi parameter kornea untuk memastikan bahwa kelengkungan geometris lensa kontak saat ini sudah benar.

Bahkan lensa Orthokeratology (dipakai pada malam hari untuk mengubah bentuk mata untuk koreksi penglihatan di siang hari) dapat digunakan oleh anak-anak, asalkan tidak ada masalah yang berhubungan dengan mata

 

2 thoughts on “Lensa Kontak Anak”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *