10 STRATEGI UNTUK MELINDUNGI PERUSAHAAN ANDA SELAMA KRISIS EKONOMI (ATAU KAPAN SAJA)

Kami telah menjalankan bisnis yang hebat selama 10 tahun terakhir, untuk sebagian besar. Kami beruntung karena ekonominya positif – kami belum mengalami penurunan ekonomi yang serius, dan bisnis sebagian besar sangat bagus. Tapi bisakah kita berharap ini bertahan selamanya?

Tentu saja tidak.

Bisnis berjalan dalam siklus, dan kita mungkin akan mengalami setidaknya penurunan kecil atau koreksi pasar. Untuk setiap pemilik bisnis atau CEO yang telah berkecimpung dalam bisnis selama 10 tahun atau kurang, Anda tidak pernah mengalami penurunan ekonomi. Dan sayangnya, ini membuat sebagian besar usaha kecil rentan, kecuali jika Anda mengambil tindakan untuk melindungi diri sendiri.

Jadi bagaimana Anda dapat melindungi perusahaan Anda dari penurunan ekonomi di masa depan? Mulailah sekarang dengan menerapkan 10 strategi berikut.

Saya telah memecah 10 strategi untuk melindungi perusahaan Anda dalam kemerosotan ekonomi ke dalam 3 kategori sederhana berikut untuk kemudahan:

  • Strategi Manajemen Keuangan
  • Strategi Manajemen Klien
  • Strategi Manajemen Internal

1. Kurangi Hutang Anda

Lakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan utang Anda cukup rendah sehingga jika Anda kehilangan beberapa klien, Anda masih bisa bertahan. Lunasi semua hutang kartu kredit jika ada. Tetap di nol. Bayar seluruh saldo setiap bulan, dan bayar batas kredit Anda sebanyak yang Anda bisa. Dengan cara ini, jika pasar goyah, Anda tidak berisiko.

2. Bangun Cadangan Uang Anda

Seperti yang mereka katakan, uang tunai adalah raja. Itu selalu baik untuk memiliki dana darurat, tetapi terlebih lagi ketika ekonomi memburuk. Pastikan arus kas Anda dalam kondisi sangat baik sehingga jika, karena alasan tertentu, Anda merasa sedikit kekurangan uang tunai, Anda memiliki penyangga

3. Jaga Kredit Anda (Baik Pribadi dan Bisnis) dalam Kondisi Baik

Jika Anda memiliki kredit besar dan membutuhkan kredit tambahan (sebagai upaya terakhir) selama penurunan ekonomi, akan lebih mudah untuk mengamankan perpanjangan jalur kredit Anda. Juga akan mudah untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek jika kredit Anda dalam kondisi baik. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah menggunakan kartu kredit Anda sebagai sumber dana selama krisis ekonomi.

4. Jangan Bergantung Pada Satu Pelanggan Besar

Inilah saatnya untuk melakukan diversifikasi, jika Anda belum melakukannya. Bagaimana jika Anda kehilangan klien terbesar dan terbaik Anda? Di mana Anda akan berada? Sekarang adalah waktunya untuk memastikan Anda memiliki banyak variasi klien dan jumlah klien yang layak, jadi jika Anda kehilangan 10 atau 20% dari mereka, Anda masih memiliki penjualan.

5. Maksimalkan Pelanggan Anda Saat Ini

Pada saat yang sama… manfaatkan pelanggan Anda saat ini dan buat mereka sangat senang! Jika Anda tidak melakukan apa-apa selain mencari pelanggan saat ini untuk membuat mereka kembali, mereka akan ingat untuk merujuk bisnis Anda. Ini adalah jenis pemasaran terbaik – meminta klien Anda yang sudah ada untuk menyebarkan berita baik tentang bisnis Anda yang luar biasa.

Jadi meskipun penting untuk mendiversifikasi klien, sama pentingnya untuk membuat pelanggan inti Anda sangat senang. Pastikan Anda tidak menambah jumlah klien Anda ke titik di mana Anda tidak bisa lagi membuat mereka semua sangat senang. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan referensi berkelanjutan yang tidak akan mengering akibat penurunan ekonomi.

6. Bangun Kontrak Layanan dengan Pekerjaan Masa Depan

Susun kontrak layanan Anda dengan cara yang memastikan Anda sudah memiliki pekerjaan di masa depan. Strategi hebat untuk bisnis yang berkelanjutan adalah mendapatkan pekerjaan terus-menerus, bukan pekerjaan satu kali. Pekerjaan satu kali itu bagus, tetapi sering kali adalah yang pertama berhenti ketika basis klien Anda juga menderita penurunan ekonomi.

Jika Anda mengamankan kontrak untuk pekerjaan yang sedang berlangsung, maka Anda akan memiliki penyangga jika pekerjaan satu kali mengering. Dan, seperti yang disebutkan di atas, Anda akan jauh lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan jangka panjang jika pelanggan Anda saat ini sangat senang.

7. Jaga Tim Anda

Jika Anda menjaga tim Anda, tim Anda akan menjaga Anda. Saat ini, saya menemukan bahwa setiap perusahaan tempat saya bekerja mengalami kesulitan menemukan pekerja terampil. Jadi apa yang terjadi dalam krisis ekonomi? PHK. PHK terjadi untuk memangkas biaya. Tapi kemudian Anda kehilangan pekerja terampil yang Anda cari dengan susah payah.

Jadi bagaimana Anda bisa bekerja sama dengan tim Anda untuk memangkas biaya? Mungkin semua orang setuju untuk mengambil cuti pada hari Jumat tanpa dibayar alih-alih satu orang diberhentikan. Menjadi kreatif. Tanyakan kepada mereka apa yang bersedia mereka lakukan.

Jika Anda seorang pemimpin yang hebat, mereka akan sering bekerja dengan Anda agar tetap bekerja untuk Anda.

Ingin tahu lebih banyak tentang menjadi pemimpin yang hebat? Baca  Apa itu Kepemimpinan? Apa yang Membuat Pemimpin Hebat, dan Apa yang Tidak.

8. Fokus pada Kompetensi Inti Anda

Kembali ke dasar dan fokus pada kompetensi inti Anda dalam bisnis Anda. Lebih baik fokus pada satu hal dan melakukan satu hal itu dengan sangat baik daripada mencoba melakukan banyak hal yang biasa-biasa saja. Ini selalu benar, tetapi seringkali dalam krisis ekonomi, kita merasa bahwa kita harus mengambil pekerjaan APAPUN hanya untuk mendapatkan pekerjaan.

Jadi kami berjanji lebih dari yang seharusnya, dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang tidak menguntungkan karena Anda belum efisien dalam hal itu, atau tidak dapat menyelesaikannya dengan kualitas yang Anda inginkan.

Terus lakukan apa yang Anda kuasai, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak pekerjaan sebagai hasilnya.

9. Ukur Hasil Pemasaran Anda

Ukur hasil pemasaran Anda sekarang sehingga Anda tahu apa yang berhasil, dan kemudian tidak mengurangi pemasaran. Jika Anda telah melakukan pekerjaan yang baik dengan pemasaran Anda, dan memiliki rencana pemasaran yang baik, ini bukan saatnya untuk memotongnya.

Jika Anda belum meluangkan waktu untuk mengukur hasil pasar Anda sehingga Anda memahami pemasaran apa yang paling cocok untuk Anda, sekaranglah saatnya untuk melakukan ini sehingga Anda dapat terus mengandalkan pemasaran yang hebat untuk membawa bisnis Anda dalam keadaan ekonomi yang lebih buruk. . Jika tidak, penurunan ekonomi tampaknya merupakan waktu yang tepat untuk memangkas biaya pemasaran – yang pada akhirnya dapat merugikan bisnis Anda lebih jauh.

10. Kontrol Inventaris dan Diversifikasi

Jika Anda mengandalkan persediaan dalam bentuk apa pun, sekaranglah waktunya (selama kondisi ekonomi yang baik) untuk memastikan Anda memiliki kendali yang besar atas inventaris Anda dan pemasok yang beragam.

Pertama, pastikan Anda memiliki kontrol inventaris yang hebat dan, jika perlu, dapat menguranginya sedikit dan masih memiliki semua yang Anda butuhkan untuk klien Anda. Dan yang terbaik adalah dapat memesan dari beberapa pemasok, bukan hanya satu. Ketika Anda mengandalkan satu pemasok dan mereka tiba-tiba tidak dapat menyediakan barang yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis, ini dapat mencekik perusahaan Anda.

Cari sumber lain dan bangun hubungan dengan banyak pemasok sehingga jika salah satu menghentikan pengiriman kepada Anda, Anda tidak terjebak.

Ide Kunci

  • Jika Anda adalah bisnis yang relatif baru (10 tahun atau kurang), Anda belum pernah mengalami penurunan ekonomi, jadi Anda mungkin tidak siap untuk itu.
  • Penurunan ekonomi akan mempengaruhi setiap dan semua bisnis, tetapi dampaknya dapat dikurangi jika Anda mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi bisnis Anda dari efek ekonomi
  • Untuk bertahan melalui koreksi pasar, tingkatkan praktik keuangan Anda: hilangkan utang, pertahankan cadangan kas darurat, dan pertahankan kredit yang baik
  • Tingkatkan manajemen klien Anda: diversifikasi klien Anda, buat klien inti Anda senang, dan buat kontrak untuk pekerjaan jangka panjang
  • Tingkatkan praktik internal Anda: jaga tim Anda, fokus pada kompetensi inti Anda, lacak hasil pemasaran Anda, dan diversifikasi inventaris dan pemasok Anda
  • Mengikuti strategi di atas untuk manajemen keuangan, klien, dan internal yang lebih cerdas akan memberikan keajaiban bagi bisnis Anda, tidak hanya melalui volatilitas pasar, tetapi juga selama masa ekonomi yang baik!

Tak satu pun dari kita ingin memikirkan kemerosotan ekonomi, atau lebih buruk lagi, kehilangan klien. Tetapi jika Anda menghadapi risiko yang merugikan dan proaktif dengan cara melindungi perusahaan Anda setiap saat, tidak hanya selama penurunan ekonomi, perusahaan Anda tidak hanya akan bertahan, tetapi juga berkembang!

Masih merasa tidak siap menghadapi penurunan ekonomi? Hubungi kami di Bacadenk untuk menjaga bisnis Anda berkembang bahkan ketika ekonomi tidak.

1 thought on “10 STRATEGI UNTUK MELINDUNGI PERUSAHAAN ANDA SELAMA KRISIS EKONOMI (ATAU KAPAN SAJA)”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *